21 Jan 2012

Kelebihan Yang Membahayakan!!

TV One:
Truck dengan muatan kopra terguling di km 74 arah Solo, Jawa Tengah. Diduga kecelakaan ini diakibatkan kondisi jalan yang licin setelah hujan dan muatan truck yang terlalu berlebihan. Sampai berita ini dilansir, belum ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Hanya sopir truck yang mengalami luka cukup serius dibagian dada dan kernet truck mengalami patah tulang di bagian kaki. Akibat dari kecelakaan ini, jalan raya di jalur ini kini macet total. Ada beberapa petugas yang dibantu warga sedang berusaha melakukan evakuasi dari muatan truck tersebut yang berhamburan dijalanan.

SCTV:
Lagi-lagi, kapal bermuatan minyak terbakar di tengah selat sunda. Dari informasi yang kami dapatkan, diduga kebakaran ini dikarenakan kapal kelebihan muatan. Dinas perhubungan laut masih berusaha mengintogerasi beberapa awak kapal yang berada di dalam kapal saat kebakaran itu berlangsung. Dan jika memang kebakaran ini dikarenakan kapal yang kelebihan muatan, fihak penyedia layanan akan dikenakan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku. Sejauh ini masih belum ada laporan akan adanya korban jiwa. Yang dikhawatirkan oleh beberapa fihak adalah tercemarnya laut akibat dari minyak yang tumpah dan ledakan-ledakan yang akan berakibat fatal.

METRO TV:
Kami telah mendapatkan video amatir dari seorang penumpang kapal mewah BRITANNY yang tenggelam di perairan perbatasan Australia 14 hari lalu. Kejadian yang menewaskan ratusan jiwa tersebut sampai saat ini masih di selidiki penyebabnya. Dari video amatir tersebut, beberapa pihak memastikan, tenggelamnya kapal ini dikarenakan kelebihan penumpang, mesin kapal bekerja terlalu berat, sehingga terjadi kerusakan yang parah dan mesin terhenti tak terkendalikan. Terlihat dari penuh sesaknya kapal mewah itu yang terlihat dalam video amatir tersebut. John Dalton Bannery, sang pemilik dari kapal high class tersebut merasa sangat terpukul atas kejadian ini. "Saya tidak bisa memberikan komentar apa-apa, yang jelas, ini semua kehendak Tuhan..." Ujarnya saat wawancara khusus dengan tim TV kami.

Malam ini saya sengaja tidak menulis sajak, dan menulis berita fiktif ini. Saya berharap, kita bisa menggali hikmah dari 3 kejadian diatas. Bahwa segala hal yang berasal dari kata "kelebihan" itu terkadang berakibat negatif dan bisa fatal. Dandan berlebihan, jatuhnya menor. Property, Handphone, Baju yang berlebihan, orang lain ngiranya kita sombong, sengaja pamer, belum lagi kalo ada orang-orang jahat yang mengincar barang-barang berharga kita. Mencintai seseorang dengan cara yang berlebihan juga jatuhnya gak enak lho!! Banyak hal tentang "Berlebihan" yang membuat kita akhirnya merasa tidak nyaman. Salah satu contoh yang saya bisa ambil adalah, sebuah rumah yang dihuni oleh banyak orang, istilahnya kelebihan penghuni. Disini akan ada istilah "Tidak Saling Peduli" dengan apapun yang ada disitu. Masing-masing dari mereka hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan diri kita. Tidak ada kepedulian untuk menyelamatkan barang-barang kita entah itu dari hujan, panas, maling, atau hal-hal yang membuat kita kecewa atas rusak atau hilang nya barang kesayangan kita tersebut. Apalagi kalo sebagian besar penghuninya mempunyai sifat "Mau Menggigit Tapi Gak Mau Digigit". Akan ada rasa yang tidak nyaman disini. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan mereka sendiri saja kadang juga bergantung ke kita. Disaat kita butuhin mereka, eh mereka gak peduli ama kita. Kompleks memang!!

Saya pernah mencoba membicarakan hal ini dengan Mario Teguh Bajakan. Kenapa saya sebut demikian, karena dia seorang yang menurut saya punya banyak wawasan tentang segala hal. Dia teman baik saya. Selain pemikiran nya yang brilliant dan penuh motivasi, dia juga selalu bisa ngasih saya jalan keluar disaat saya mengalami masalah. Dia bilang, "menghadapi manusia-manusia seperti itu harus diawali dari diri kita sendiri. Artinya, kita sendiri yang harus menjauhi orang-orang type tersebut, jangan menunggu mereka menjauhi kita, karena mereka merasa kita adalah seseorang yang bisa mereka pakai untuk "bersandar". Istilah kasarnya, cabut dari situ! Jangan sekali-sekali mencoba untuk merubah gaya pemikiran mereka. Selain usahamu akan sia-sia, juga karena mereka sudah dari karakter nya suka bergantung pada orang lain..."
Saya rasa masukan yang cukup handal. Cuman mungkin, untuk melakukan hal yang dia sarankan, ada beberapa dari kita yang harus melewati fase pertimbangan yang cukup matang. Jadi, tergantung kita sendiri mau melakukan nya atau tidak.